15/11/2017

Membuat Kanvas Lukis Sendiri dan Kuwalitasnya Bagus

Sebagian orang mereka yang punya hobi melukis, mungkin melukis adalah bagian dari hidupnya yang tidak bisa dipisahkan, namun apa bila sudah dihadapakan dengan alat dan bahan yang harganya relatif mahal, kita agak enggan juga.

Namun kendala yang seperti itu bisa dicari solusinya yaitu dengan cara membuat kanvas lukis sendiri yang tentunya dengan mutu yang bagus pula gak kalah kuwalitasnya dengan yang dijual dipasaran.

Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat kanvas :
1. Kain blacu atau kain prisma (kain batik) atau kain mori dan juga bisa menggunkan kain kiloan yang serupa jenis kain marsoto, kain yang berbahan katun.
2. Spanram yaitu rangka kanvas atau pembentang kain
Bentangkan Kain Blacu pada Spanram
3. Lem Kayu.
4. Cat Tembok atau Cat Genting
5. Kuas
6. Air secukupnya

Ikuti Langkah - langkahnya 
Kain blacu/ lainnya dibentangkan pada spanram kemudian disteples/dipaku sampai kencang, baru kita membuat bahan laburan untuk menutupi pori - pori kain yaitu :

Cat tembok dicampur dengan lem putih dengan perbandingan 1 (cat genting) : 2 (lem kayu) setelah itu diberi air (bukan air panas) secukupnya diusahakan tetap encer karena klo kental nanti kanvasnya pada retak, lalu laburi kain yang sudah panteng dengan kuas hingga rata sebanyak tahap pengeringan 3 kali. Setalah itu kanvas siap untuk dilukis.
Memcampurkan Cat Tembok dengan Lem kayu dan Air Secukupnya
Kanvas Siap untuk dilukis
Meskipun kain murah tapi pengelolahan laburanya ingin berkualitas tinggi, Anda bisa menggunakan bahan :
1. Zinkwhite ditambah PVAc
2. Latex
3. Binner (bahan sablon)
4. Aquaproof
Gunakan salah satu atau gabungan semua bahan tersebut lalu laburi kanvas dengan kuas hingga merata. Tunggu hingga kering dan kanvas siap untuk dipakai.

Demikian cara membuat kanvas lukis sendiri. Dan terus berkarya, Anda tidak terkendala lagi dengan kanvas yang relatif malah. (@duniapensil)
Membuat Kanvas Lukis Sendiri dan Kuwalitasnya Bagus
4/ 5
By

2 comments

Add your comment
EmoticonEmoticon